Tips Mengatasi Mata Lelah

Posted on November 1, 2010

0


Salah satu point penting pada wajah manusia ialah mata. Bahkan ada yang mengatakan bahwa melalui mata kita bisa membaca pikiran seseorang. Oleh karenanya dibutuhkan perawatan khusus juga untuk menjaga agar mata kita terlihat lebih segar, bercahaya dan berbinar indah. Jika kita kurang tidur mata kita akan lelah, hal ini dapat  menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata, kantong mata dan mata sembap.

Ada berbagai macam cara mengatasi masalah-masalah tersebut diatas, antara lain:

Mengompres mata dengan irisan buah ketimun dipercaya dapat mengatasi mata lelah. Pilih mentimun segar dengan diameter yang sesuai dengan mata kita, lalu iris. Berbaringlah, pajamkan mata, letakkan irisan mentimun tersebut pada kelopak mata, lalu diamkan selama 1 jam. Mata anda akan terasa sejuk dan sembabnya akan hilang.

Dengan menggunakan minya zaitun murni juga dipercaya dapat mengatasi kantung mata akibat dari kurang tidur dan faktor usia. Lakukan pemijatan disekitar bagian bawah mata dengan minyak zaitun, sehingga mata dan kulit kantong matapun dapat normal kembali. Dimana minyak zaitun murni mengandu pelembab dan bahan aktif lain yang dapat menenangkan saraf mata.

Masker mata yang terbuat dari mentimun dan susu bubuk juga berkasiat untuk mengatasi mata sembab. Campurkan dua sendok teh parutan mentimun dengan satu sendok teh susu bubuk hingga merata. Bubuhkan ramuan ini pada kelopak mata atas dan bawah, lalu diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih dengan air dingin.

Lingkaran hitam di bawah mata dapat pula dihilangkan dengan menggunakan kentang. Parut kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih, taruh pada kain berpori lalu ikat. Letakkan kain dengan parutan kentang pada area dengan lingkaran hitam, diamkan selama 20 menit. Jaga agar air kentang tidak merembas ke mata.

Mengompres mata dengan irisan buah tomat dan teh celup juga dipercaya berkhasiat mengatasi mata lelah.

sumber : sehatdong.com

Advertisements
Posted in: Tips Kesehatan